Senin, 25 Februari 2013

Mengatasi Kebiasaan Selalu Buka Facebook


Mengatasi Kebisaan Selalu Buka Facebook

Facebook adalah jejaring sosial yang paling banyak diminati dan digunakan setiap harinya bagi kita yang menggunakan internet dengan memakai gadget sehari-hari seperti laptop, komputer, handphone, smartphone, tablet dan lainnya.Ini menjadi kebiasaan yang kurang baik karena facebook bukan jadi segalanya ketika kita sedang melakukan koneksi internet yang ada pada kita.Masih banyak informasi penting yang bisa kita cari dan dapatkan daripada sekedar membuka dan mengakses facebook.

Memang kalau dilihat hampir dari kita Indonesia masuk pengguna Facebook terbesar di Asia Tenggara karena memang hampir mulai dari anak-anak, remaja,dewasa serta ibu-ibu dan bapak-bapak  sudah menggunakan facebook sebagai media utama dalam berbagi informasi mulai dari sharing status,foto dan lainnya yang banyak kita gunakan dari aplikasi facebook ini.Dilihat dari waktu dalam menggunakan akses internet hampir lebih dari 1 jam kita bisa betah dan nyaman menggunakan facebook.Mengapa ini bisa terjadi? Mungkin karena facebook membuat kita santai dan betah seperti bisa melihat foto sang pacar,foto idola,status teman, baca status mantan pacar, status sang pacar dan macam lainnya yang membuat kita nyaman dalam menggunakan facebook tersebut.

Kebiasaan ini tentunya sangat merugikan waktu dan uang kita, apalagi kalau akses internet kita menggunakan fasilitas warnet tentunya waktu dan uang akan tidak terasa habisnya dengan hanya berfacebookan di warnet.Maka dari itu disini akan diberika sebuah solusi untuk mengatasi hal tersebut ,karena jangan sampai hal tersebut membuat anda kecanduan atau membuat anda merasa ada yang kurang jika tidak membuka facebook tiap jam atau tiap hari.

Berikut cara mengatasi kebiasaan kita agar tidak selalu membuka facebook setiap hari :

1.Berpikir bahwa internet bukan facebook saja
Cara berpikit menjadi salah satu benteng buat kita mengawasi bahwa facebook bukan priotitas utama ketika anda menggunakan internet.Di internet masih banyak yang dapat dilakukan seperti membuat catatan pribadi atau media berbagi seperti membuat blog atau web pribadi, internet digunakan sebagai media konsultasi yang penting dengan cara melakukan sharing dan konsultasi dengan pakar-pakar ahlinya melalui website yang mereka sediakan.Selain itu berpikir bahwa internet dapat digunakan sebagai media untuk mencari informasi dan pengetahuan yang sesuai dengan bidang yang kita sukai atau bidang yang kita punyai.Contoh : jika anda seorang pelajar /mahasiswa SMK jurusan Otomotif ada baiknya anda mencari informasi tentang otomotif mulai dari cara membuat mesin, menciptakan mobil dengan bahan bakar ramah lingkungan dan lainnya.
Selain itu jika anda seorang mahasiswa kedokteran adakalanya anda mencari dan menjelajah informasi tentang obat dan penyakit.Hal ini tentuna anda sudah menggunakan akses internet dengan benar dan bijak.Maka dari itu kita sebagai pengguna internet mulailah berpikir positif untuk mencari informasi yang baik bagi pengetahuan kita yang selalu berkembang dan berkembang setiap waktu bahkan setiap detiknya.

2.Mencoba mencari hal baru dan penting dalam internet
Di internet ada banyak macam hal positif yang bisa dilakukan seperti mengupload video pribadi menarik anda ke Youtube atau mencari hal penting bagi anda tentunya.Berupa mencari artikel-artikel yang berisi ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi sekarang ini.Sehinga anda dapat menyimpan data-data penting yang mungkin dapat dicari dan didapatkan dari internet tersebut.Jadi memang internet banyak hal baik yang bisa dimanfaatkan dan itu semua tergantung dari kemauan dan ketekunan anda mendalaminya.

3.Mendalami Internet Sebagai Bisnis Online
Ada sebagian orang berifikir dari pada buka facebook habis uang dan waktu mendingan terjun ke bisnis online.Tentunya ini cara berpikir yang luar biasa.Memang internet banyak digunakan oleh semua orang baik muda dan tua sebagai bisni online sampingan.Tetap kita tidak tahu bagaimana cara mendalami internet sebagai bisnis online.Ada banyak cara dilakukan dengan bisnis online di internet seperti membuka jualan pulsa online di internet, menjual ebook yang banyak dicari orang, membuka jasa pembuatan toko online dan macam lainnya yang semuanya bisa anda lakukan dengan usaha dan kemauan dari anda sendiri.Apa yang tidak mungkin terjadi diinternet semua bisa menghasilkan uang asal kita sendiri punya kemauan dan kerja keras maka semua akan dijawab dengan proses dan waktu anda melakukannya.

Mungkin ini dulu yang bisa dijelaskan disini untuk mengatasi kebiasaan kita yang selalu buka facebook ketika kita sudah online menggunakan internet.Memang masih ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.Tapi ini mungkin bisa menjadi hal positif dalam mengatasinya.Dan jika anda atau teman-teman punya cara mengatasinya anda bisa memberikan tambahannya melaluli kolom komentar dibawah ini.Karena mungkin masukan dan saran anda dapat berguna bagi kita membacanya disini.Untuk itu manfaatkan internet sebagai media positif dan penting bagi kebutuhan informasi anda tersebut.Terima kasih.

33 komentar:

  1. Kalau selalu buka Blog bagaimana cara mengatasinya sobat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kalau blog kalau kecanduan tinggal ngatur waktunya saja sob.

      Hapus
  2. susah gan, udah ketagihan + kecanduan

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Itulah kalau namanya kita sudah kecanduan sob.

      Hapus
  4. saya juga seing buka FB..bahkan sudah menjadi rutinitas (udah ketagihan kali ya) meskipun jarang update status. :D

    BalasHapus
  5. saya sukses mengatasi kecanduan fesbuk setelah mengenal kaskus

    BalasHapus
  6. Untungnya saya jarang buka pesbuk sob, tapi ngeblog hehe..

    BalasHapus
  7. kalau pacebook kayaknya tidak bisa dipisahkan sob sama dengan blogger, kalau blogger tidak langsung, facebok bisa konek langsung :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk itu dimanfaatkan yang baik saja sob dan jangan sampai kebiasaan :)

      Hapus
  8. anak2 sekarang mah, taunya cuman fb aja.. :D mungkin gogel juga, kalo ditanya blog, dia bakal plangak plongok, hehehe, apalagi website :D hihihi

    BalasHapus
  9. Males ah yg namanya FB, isi nya cuma galau mulu. hampir 1 thn ber FB ria sy ndak menemukan ilmu yg bermanfaat, lain halnya dgn Blog. Byk sekali ilmu yg sy peroleh di blogging.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane stuju dg mba indah, blogger memang memberikan ilmu dan teman baru di dunia maya selain tentunya pendapatan tambahan :D

      Hapus
  10. kalau menurut saya nggak ada salahnya buka fb tiap hari sobat, namun jangan terlalu lama, 5mnit cukup,

    dan poin nomor 2 itu sangat di haruskan buat saya sobat, saya selalu mencari hal baru di internet..

    BalasHapus
  11. Saya jarang buka facebook, daripada nge-facebook mending saya ngaskus atau nge-blog.. hihi :D

    BalasHapus
  12. kebetulan saya suka ngeblog plus keluyuran di DUMAY,kalo FB kurang begitu suka namun kadang2 dibuka juga biar ga basi FB nya...hahhahyyy

    BalasHapus
  13. Saya termasuk yg jarang buka FB...
    Apalagi twitter, malah nggak pernah

    BalasHapus
  14. saya buka fb, twitter, plurk, blog, semuanya hehe

    BalasHapus
  15. saya pensiun....... maklum kurang gaol :D .. .

    BalasHapus
  16. saya udah jarang buka mas.. kadang males :D
    paling cuma balas reply dari email di bb..

    BalasHapus
  17. nah kalo bisnis online di sandingkan dengan facebook keren tu, apalagi kalo gabung di grup facebook, jadi intinya jangan keluar dar facebook dah hehehehe

    BalasHapus
  18. untung saya nggak punya akun fb Mas, hehehe

    BalasHapus
  19. Semenjak aktif di blogging dan males ngebaca status2 alay di facebok..jadi jarang ngebuka apalagi main mas hehe.. :)

    BalasHapus
  20. hha, iya nih tiap hari ritual buka fb ntah itu brpa menit klo pas wktu luang :D skalian mmpir lama g main ksini
    koment back y dpostq :)

    BalasHapus
  21. iya nih gua selalu buka fb dlu jarang bnget buka blogger dlu moga dengan cara di atas mulai skrng kebiasaan itu hilang

    BalasHapus
  22. facebookan., buwat kesibukan pencet pencet hp mas hehe.. Soalnya hp'y jarang ada sms, kalaupun ada dari operatornya haha..

    BalasHapus
  23. aku malah sering kelupaan buka pesbuk
    abisnya jarang bikin status
    paling cuma share jurnal blog doang
    caraku melupakan pesbuk gampang kok
    blokir aja dai servernya, hahaha
    *nasib tukang nebeng internet kantor...

    BalasHapus