Jumat, 22 Maret 2013

Beberapa Tips Merawat Adaptor Laptop


Beberapa Tips Merawat Adaptor Laptop

Adaptor laptop digunakan untuk melakukan pengisian arus listrik atau daya ke baterai laptop.Dengan adaptor laptop baterai lebih mudah terisi dengan arus yang normal karena didalam adaptor arus sudah dinetralkan sehingga tidak terjadi arus naik dan turun pada saat pengisian daya ke baterai laptop tersebut.Terkadang adaptor atau sering kita sebut charger laptop harus senantiasa dijaga ketahanannya agar laptop tetap tersuplay arus pada saat akan digunakan.Karena memang arus menjadi sumber utama dalam menghidupkan laptop tersebut.

Sehari-harinya kita menggunakan laptop beserta chargernya karena 2 tools tersebut saling keterkaitan satu sama lain jika punya laptop tapi tidak punya charger akan sulit rasanya kita menggunakan laptop tersebut,apalagi jika tanpa baterai menggunakan arus langsung maka akan dapat merusak perangkat  keras seperti motherboard yang ada didalam perangkat tersebut, dan jika ini terjadi maka akan fatal terjadi pada kondisi dari laptop tersebut.

Secara umum dalam penggunaan daya baterai yang normal pada laptop adalah dapat bertahan sekitar 2jam.Inilah rata-rata maksimal daya yang bisa dipakai.Kembali kepada adaptor tadi mengapa kita perlu merawatnya? Alasannya adalah untuk mengurangi biaya pengeluaran kita jika seandainya adaptor untuk mencharger laptop kita rusak.Maka dari itu disini saya mau membagikan beberapa tips untuk merawat adaptor laptop berikut penjelasannya :

1.Gunakan adaptor dengan kabel tidak melilit,karena jika melilit dapat merusak kabel dalam arus yang menghantarkan arus listrik ke baterai laptop tersebut.

2.Tempatkan adaptor dari dasar yang aman seperti di lantai atau jauhkan dari dasar tempat yang alasnya sedikit basah atau lembab karena justru ini akan merusak adaptor itu sendiri.

3.Lepaskan colokan adaptor dari arus listrik ketika sudah selesai mencharger laptop, ini gunanya untuk menghindari overheating atau panas berlebihan dari adaptornya dan juga menghemat arus listrik yang ada.

4.Gunakan adaptor pada daya arus yang normal dalam arti arus dalam keadaan baik dan tidak sedang naik dan turun.

5.Simpan adaptor sesuai dengan tempatnya atau gulung kabelnya dengan baik setelah habis menggunakannya.Agar adaptor selalu baik saat akan digunakan.

Inilah penjelasan yang bisa dijelaskan tentang beberapa tips merawat adaptor laptop.Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat setelah kita membacanya.Karena memang setiap harinya kita menggunakan laptop beserta chargernya.Maka dari itu baiknya menjaga dan merawat untuk kebutuhan kita dalam menggunakannya.Terima kasih.

17 komentar:

  1. penyakit umumnya setelah selesai memakai malas untuk mencopot dari sumber listriknya, lebih-lebih charge hp ya sob

    BalasHapus
  2. susah jug akalo ngrawat batrenya :) .

    BalasHapus
  3. Salah satu kesalahan saya waktu menggunakan adaptor yaitu memasang adaptor dan listrik bersamaan pada saat laptopnya menyala. Batere laptopnya jadi cepat ngedrop

    BalasHapus
  4. ok ni tips, coz minggu depan ane beli laptop baru. tnks sob

    BalasHapus
  5. makasih sob semoga dengan tips merawat adaptor laptop , adaptor laptop saya akan terawat dengan baik

    BalasHapus
  6. adaptor laptop sebenarnya bisa bertahan awet kalau terjaga baik, tapi yang paling cepat kalah ya itu batterainya :-)

    BalasHapus
  7. makasih banyak bro artikel nya.. moga ajh adaptor ane bisa tahan lama :D

    BalasHapus
  8. sementara gue cuma punya charger hape! Moga bisa diterapin juga, terutama ttg overheating-nya itu...
    Thanks infonya, sob!

    BalasHapus
  9. Kalo aku malah suka ngantepin adapter netbook-ku di colokan listrik setelah selesai nge-charge. Duhh

    BalasHapus
  10. wah mantep nih bang.
    biar awet emang harus exstra super buat njaga charge laptop kita..

    BalasHapus
  11. dulu punyaku sempat meledak gara gara mati lampu

    BalasHapus
  12. .. udah aq terapi itu kawan. smoga aja punya aq awet. aamiin,, he..86x ..

    BalasHapus
  13. kalau sy terkadang gunakan adaptor tanpa batre sob,,itu pengaruhnya ternyata bisa merusak laptop ya?..

    BalasHapus
  14. tips bagus yang susah dijalani disini
    dibaik baikin perilakunya tetep ga bisa awet
    listriknya disini minta ampun
    yang namanya kasus adaptor meleduk udah langganan

    BalasHapus
  15. adoptor saya hampir 24jam nacep terus sob :)

    BalasHapus
  16. hadir kembali sobat, trimakasih buat tips-tips yang bermanfaat ini..adaptor memnag seringkali menegalami kerusakan ya sob

    BalasHapus
  17. nice info bro,, kadang ada orang yang terlalu menyepelekan adaptor laptop, padahal kalau tidak ada adaptor mana mungkin laptop bisa menyala.. Thankx ya sukses terus

    BalasHapus