Senin, 11 Maret 2013

Mengatasi Kartu Memori Yang Rusak


Mengatasi Kartu Memori Yang Rusak

Kartu memori atau memory card adalah tempat penyimpanan data yang dapat disimpan berupa file musik,gambar,video,dan lain sebagainya yang sering kita pasangkan pada handphoe atau gadget anda lainnya.Fungsi utamanya memang menjadi penting karena tanpa adanya kartu memori akan sulit menempatkan data yang akan kita simpan.Atau sering juga kita memindahkan data dari laptop ke memory card untuk sekedar memasukkan foto dari laptop ke kartu memori dan lain sebagainya.Lalu pernahkan ketika kartu memory kita masukkan ke dalam laptop ternyata tidak terdeteksi di laptop? Maka dari itu disini mau dijelaskan cara mengatasi hal tersebut.

Sering terjadi juga ketika kita ingin memasukkan memory card tentunya melalui card reader yang dicolokkan ke USB laptop ternyata device memory cardnya tidak terdeksi di laptop alias tidak ada keterangan bahwa ada perangkat baru yang masuk ke sistem dari laptop.Tentunya ini cukup membuat kita resah karena mungkin ada banyak data kita yang mungkin bisa hilang dan rusak didalam kartu memory tersebut.Apalagi kalau kartu memory kita mempunyai kapasitas 2-3Gb pasti bakalan ada keresahan karena takutnya data penting dan pribadi kita tidak bisa kembali atau bahkan tidak bisa dibuka.

Oleh karena itu dibawah ini ada beberapa penjelasan tentang cara mengatasi kartu memory yang rusak.Berikut caranya :

  • Format Lewat Card Reader

  1. Masukkan card reader yang didalamnya telah kita masukkan memory card ke USB laptop atau komputer.
  2. Kemudian Klik drive dari memory card yang telah kita masukkan tadi.
  3. Klik kanan dan Format
  4. Silakan pilih format Fat dan langsung klik format now
  5. Biarkan proses format terjadi dan biarkan sampai prosesnya sampai selesai.

  • Format Lewat Command Line (CMD)

  1. Masukkan card reader yang berisi memory tadi ke USB laptop.
  2. Buka Run dan ketikan CMD dan enter.
  3. Setelah itu Ketikan FORMAT h: /FS:FAT jika drive memory terletak pada drive F pilih F dan jika device memory card terletak di G pilih G (f: /FS:FAT atau g: /FS:FAT)
  4. Tunggu sampai proses selesai

Inilah yang bisa dijelaskan bagaimana cara mengatasi kartu memori yang rusak.Semoga data anda bisa kembali lagi dan juga tentunya selamat dari kerusakan.Semoga artikel dapat bermanfaat bagi kita yang membaca artikel ini .Terima kasih.

59 komentar:

  1. .. udah aq format, tapi kok ttp gak bisa ya?!? ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bisanya dimananya Mbak?

      Hapus
    2. mungkin dah rusak beneran mas :D

      Hapus
    3. .. udah aq format tuch MC nya. namun gak bisa. sampe^ hape aq tak reset, namun sama aja kayak gitu. huhh. menyebalkan. akhirnya MC aq tak biarkan n terasingkan dech. he..86x ..

      Hapus
    4. Formati di Laptop Mbak? atau format di HPnya langsung?

      Hapus
  2. Belum pernah mengalami sob. Mungkin akan berguna lain waktu jika kartu memory saya rusak.

    BalasHapus
  3. kalau udah gak bisa kebaca di card reader gimana sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di card reader gak bisa dibaca atau di sistem Laptopnya.

      Hapus
    2. di laptop dah g bs kebaca

      Hapus
  4. belum ada yang rusak punya ane kog gan. nice info aja deh

    BalasHapus
  5. ini juga yang pernah saya alami sob, trims sharingnya

    BalasHapus

  6. maksih ea sob atas infonya sangat bermanfaat dan sangat 'luarbiayasa sekali artikel dan infonya mantap...

    BalasHapus
  7. Ijin nyoba jika memory ane rusk :D

    Comment balik ya

    BalasHapus
  8. Tips bermanfaat.. Makasih ya atas infonya ^_^

    BalasHapus
  9. gk semua berhasil sob., ada emank yg gk bs, thx sharingnya *smile

    BalasHapus
  10. wah ane lama gak mampir mas..:D
    lagi ada kesibukan baru.. hehee..:)
    ane udh logout mau siap2 pulang tangan gatel mau mampir dan komen blog punya mas abed lagi.. ane langsung login lagi ini mas.. hehee :)
    mas abed memang hebat, blognya sekarang sudah PR 2 ya..:D selamat mas..:)

    BalasHapus
  11. hmm...nanti akan saya terapkan jika perlu

    BalasHapus
  12. belum pernah ngalamin gini , bookmark dulu deh siapa tau ntar kalau butuh tinggal ke sini deh

    BalasHapus
  13. Nah ini yang saya cari sob.. dimana saya punya MMC 4 GB dan sering error, mudah2 an ndak error lagi. Langsung saya coba kawan.

    BalasHapus
  14. bukannya kalau kartu memory kembali diformat, malah data yang ada didalamnya akan terhapus semua :-)

    BalasHapus
  15. Pertanyaanku sama dengan apa yang diungkapkan Bang Hariyanto nih, Mas. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diformat dalam arti data didalam sudah dibackup duluan Mas. :)

      Hapus
  16. pernah ngalamin tentang memori card mas.. Memori card ane jarang ane buka to gunain, soalnya buat nyimpen aja,, setelah ane buka, eh.. Malah suruh format gtu, udah cba gnti card rider ini itu sama aja, alhasil ane format, padahal sayang isinya bagus2, itu kenapa ya?? Hehe..

    BalasHapus
  17. sekarang nii lagi saiia alamin kang.. gag bisa di buka nii.. padahal musti posting lagi.. en urgent segala ;( hiks

    BalasHapus
  18. bermanfaat nih gan , sendainya kartu memori mengalami kerusakan.

    #salam terhangat dari Mr.DHI

    BalasHapus
  19. Pernah kejadian seperti ini, tapi kartu tidak tertolong! wong memang kartunya dah rusak !hehe

    BalasHapus
  20. Makasih sob :D
    Ini info yang sangat bermanfaat karena saya pernah mengalami hal ini, akan saya coba :)

    BalasHapus
  21. sayangnya HP ane jadul mas.. meramaikan komentar aja deh :D hehe

    BalasHapus
  22. ane sering ngalamin tapi gimana mo di benerin di cardrader aja gak bisa kebaca. ntar ane coba poin ke2 deh.

    BalasHapus
  23. mantab gan, ane baru tahu nih cara format memory dg CMD pula...

    #jempol

    BalasHapus
  24. sebenarnya aku lebih suka simpan file di awan, sayang internet indonesia lelet

    jadi ga bisa upload file ukuran besar, sayang banget gitu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. lulu
      Kartu memori gue gak bisa diformat. File2 nya jg gak bisa dihapus/dipindahkan -.-
      juga gak bisa kebaca di hp lain/di laptop.
      |HELP|

      Hapus
    2. Gak bisa di format dan filenya gak bisa dipindahkan?? kalau dipindahkan sebenarnya bisa,tapi kalau format udah dicoba cara diatas.

      Trims

      Hapus
  25. gimana kalau ketika kita masukan memori ke dalam hp terdapat perintah "memori tidak diformat" dan ketika kita format proses memformat tidak pernah berhasil,, gmna tu solusinya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau itu kemungkinan hardware memorinya tepatnya motherboardnya sudah rusak total dan tidak bisa dformat atau dijalankan perintahnya.

      Hapus
  26. setelah aku jalanin Format Lewat Command Line (CMD), tp ko tetep 0 percent completed alias ga jalan setetlah aku tungguin 2 jam ttp aja ga mau jalan. ada trik lainkah.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin 2 trik ini yang bisa dijelaskan disini untuk yang lainnya saya belum tahu Mbak,coba disearching lagi Mbak di Googlenya :).Maaf ya mbak kalau tidak maksimal membantunya :)

      Hapus
  27. mas, sdh aku format d HP, Gagal

    terus HP smbung dgn laptop kmdian format. gagal jg..

    pake CMD jg gagal.. tu sdh rusak total ya mas. bntu donk mas. ane tnggu kmntar d blog ane ya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya benar Mas mungkin rusak total karena hardwarenya udah gak berfungsi lagi.

      Hapus
  28. punya san gan gk bisa
    udh ku masukin kartu memorinya ke hpku tapi tidak ada gmbar kartu memori aku gan
    dan juga ku masukin kelaptop malahan udh kuformat tapi tetap saja gk bisa
    gimana donk gan
    pdhal dimemori ku tuh bnyak dokumentasi pnting
    Tolong donk gan
    ada gk cara lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara lain coba cari dari google selanjutnya untuk mengembalikan datanya Mas :)

      Mohon maaf ya mas kalau cuma bisa bantu seperti ini. :)

      Hapus
  29. udah di coba dua-duanya gan tapi kx masih ada ja filenya , g mau ilang , kalau di hapus ilang tapi giliran di pasang lagi memorinya muncul lagi filenya, haduch,,,, perlu sy museumkankah tu memory?

    BalasHapus
  30. gimana ni mas memory di hp ku kalau di buka minta format,terus kalau diformat gagal,gimana ni mas solusiny

    BalasHapus
  31. kalo uda bisa apakah bisa di balikan ke format fat32?

    BalasHapus
  32. nanti kalo diformat data datanya masih ada gk??

    BalasHapus
  33. mas o% ea aku format pake cmd?


    BalasHapus