Senin, 25 Maret 2013

Menghemat Baterai Android


Menghemat Baterai Android
Baterai adalah salah satu hal penting dalam keperluan kita menggunakan sebuah gadget terutama khususnya ponsel pintar atau smartphone android.Karena memang bateria merupakan hal penting dalam menghidupkan android kita tersebut.Semua aplikasi yang kita pakai semuanya tergantung dari arus yang kita gunakan,jika semakin banyak aplikasi yang kita gunakan maka akan semakin banyak juga arus yang diperlukan untuk menjalankannya.Daya tahan baterai terkadang tergantung dari semua yang kita gunakan dala aplikasinya.

Tentunya kita perlu menghemat setiap daya yang terpakai pada baterai android,karena memang sangat tidak bagus jika kita melakukan pemborosan terhadapa baterai yang sedang kita gunakan.Apalagi jika kita memainkan game didalamnya maka akan banyak arus yang diserap dari baterai untuk sekedar menjalankan apllikasi game tersebut karena belum lagi untuk suara dan gambarnya yang semuanya memboroskan arus daya pada baterai tersebut.

Oleh karena itu disini saya mau berbagai untuk tips cara menghemat baterai android agar selalu arus tetap bertahan lama dalam pemakain android tersebut.Berikut keterangan dan penjelasannya :

1.Kurangi kontras layar
Biasanya kita sering sedikit kurang memperhatikan batas kontras atau kecerahan layar pada layar android kita,maka dari itu gunakan level kontras pada android tersebut ke level yang rendah agar arus tetap hemat dalam pemakaian ke kontras layarnya.

2.Pakai wallpaper yang sederhana
Walpaper yang kita gunakan tentunya juga mempengaruhi penggunaan arus didalamnya, karena itu pergunakan latar belakang atau background yang seadanya saja dan tidak terlalu berat ukuran yang digunakan.

3.Matikan Wifi jika tidak diperlukan
Perlunya kita menghidupkan wifi ketika kita sedang berada diarea hotspot atau daerah wifizone,tetapi apabila kita tidak berada dalam koneksi wifi ada kalanya kita matikan saja atau disable saja wifinya guna untuk menghemat arus yang dipakai oleh fasilitas Wifi tersebut.

4.Matikan Bluetooth jika tidak sedang digunakan
Bluetooth juga merupakan perangakat yang digunakan untuk menghantarkan atau transfer file melalui media Bluetooth itu sendiri.Sebaiknya matikan Bluetooth jika sedang tidak digunakan.Karena ini tentunya menghemat arus pada baterai kita.

5.Matikan GPS jika tidak digunakan
Saat melakukan penerimaan GPS akan terserap juga sebuah daya arus dari baterai maka dari itu jika tidak sedang menggunakannya GPS bisa nonaktifkan.

6.Remove Aplikasi Yang Tidak Perlu
Terkadang semakin banyak aplikasi didalam android maka semakin banyak pula konsumsi daya yang akan digunakan untuk itu semua,selain itu tempat penyimpanan atau storage jadi lebih terbebani karena banyaknya aplikasi yang tidak kita gunakan.Maka dari itu perlunya kita menggunakan aplikasi yang memang benar digunakan.

7.Lakukan hal 1-6
Dengan mengikuti langkah-langkah diatas dalam penghemata baterai android maka mudahan baterai anda semakin awet dan tahan lama dalam penggunaannya.

Demikianlan informasi ini yang bisa disampaikan dalam artikel menghemat baterai android.Semoga artikel yang kita baca ini dapat memberikan manfaat besar bagi kita yang membacanya disini.Untuk itu saya ucapkan terima kasih.

14 komentar:

  1. Tentunya bila yang mempunyai android perlu tahu akan hal ini

    BalasHapus
  2. good job..
    semua sudah sering saya lakukan, mas..

    cara nomer 7 itu unik ya kang.. :D
    ikutin cara 1-6.. hehe

    BalasHapus
  3. hahahaha. saya sudah melakukan hal di atas sob, memang ada perbedaan yang lumayan, di banding kalau kita aktifkan banyak fiture2 nya.hehehehe

    BalasHapus
  4. Pantesan Baterei Android saya cepet habis...
    Rupanya saya belum menerapkan 6 langkah itu

    BalasHapus
  5. sayangnya saiia gag punya kang androidnya.. apalagi batre nya ;( hiks..
    moga mangpaat kang iia buat pembaca lainnya ;)

    BalasHapus
  6. kayaknya baterai ini yang jadi masalah umum gadget masa kini. prosesor dan ram lebih kencang bikin developer aplikasi ga mikirin resource sementara bentuk baterai dipaksakan makin tipis. keliatan banget ya kalo teknologi baterai belum mampu mengikuti perkembangan gadget dan aplikasinya

    BalasHapus
  7. baterai saia juga tidak tahan lama, tiap hari pasti ngecharge

    BalasHapus
  8. tipsnya sangat berguna dan bermanfaat sekali sobat
    terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
  9. Gunakan wallpaper yg sederhana. Hehehe
    ide bagus. . . . .

    BalasHapus
  10. tips yang sangat bermanfaat nih..
    kalau bicara smartphone,tentunya tidak jauh dari permasalahan batrai
    makasih mas

    salam kenal..

    BalasHapus
  11. tips nya Ok banget, ini sering saya abaikan thp ponsel saya. heheheh

    BalasHapus
  12. .. hape aq jadul banget boghhh. warna aja item putih. he..86x ..

    BalasHapus
  13. Hape yang terkenal boros baterai emang android sob. Bikin kecewa pembeli karena ketahanan baterai sebentar. Bisa dijadikan tips nih buat temenku. Soalnya mau dijual dan diganti symbian aja he..he..

    BalasHapus
  14. Kalo pake aplikasi penghemat batery pngaruh ga ya..
    Mhon ptunjuk..
    Jk iya aplikasinya ap
    Thnx guys..

    BalasHapus