Sabtu, 15 Juni 2013

Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mata

kesehatan mata

Mata adalah bagian penting dalam tubuh,karena mata adalah indera penglihatan yang kita gunakan setiap harinya untuk melihat segala apa yang terjadi dialam semesta ini.Bersyukurlah kepada Tuhan bagi kita yang masih diberik kesehatan pada mata.Maka dari itu adakalanya kita selalu menjaga kesehatan mata agar tetap dapat digunakan sebagai indera penglihatan kita sehari-harinya.Mata juga sebagai jendela dunia karena kita bisa melihat seluruh dunia ini dengan sempurna.Berangkat dari situ ternyata memang mata harus selalu dijaga kesehatan dalam perawatannya agar mampu melihat secara sehat tentunya.

Setiap harinya kita sering melakukan aktifitas yang berhubungan dengan mata seperti menonton,bermain laptop atau bekerja didepan layar komputer.Semuanya kita lakukan setiap harinya.Terkadang mata yang lelah terpaksa kita lakukan karena aktifitas pekerjaan yang banyak dan berat sehingga membuat kita selalu fokus didepan layar laptop atau komputer tersebut.Sebenarnya hal ini harus kita perhatikan bahwa mata juga butuh istirahat agar bisa relaksasi sehingga kondisi mata bisa terjaga kesehatannnya.

Maka dari itu perlunya mata kita yang lelah untuk selalu berkedip setiap harinya agar mata tetap terjaga lapisannya serta kesehatannya.Selain itu hendaknya jangan mengusap-ngusap mata kalau sudah terlalu capek karena akan mengganggu fungsi organ mata tersebut.Maka dari itu untuk mejaga kesehatan mata agar tetap sehat dengan keadaan aktifitas kita sehari-harinya maka dibawah ini ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan agar mata tetap sehat berikut penjelasannya :

1.Asupan Gizi
Gizi sangat penting dalam tubuh,peranan gizi dalam tubuh membantu setiap fungsi organ mata dapat tumbuh berkembang dengan baik dan sehat.Asupan gizi bisa kita konsumsi dari makanan seperti mengkonsumsi ikan, wortel, dan makanan lainnya.

2.Sinar Matahari
Sinar matahari juga dapat diperlukan bagi mata karena fungsinya yakni meningkatkan kesehatan mata serta meregangkan otot-otot sekitar mata yang mengalai penegangan.

3.Mengedip
Hal yang utama untuk menjaga mata tetap sehat dan bersih adalah mengedipkan mata.Itulah makanya secara spontan maka sering berkedip ,tahukan kita tujuan mata berkedip yaitu untuk membersihkan serta menghindari mata dari debu atau partikel kecil yang mencoba masuk ke mata.Selain itu berguna membuat mata lebih fresh ketika dan setelah selesai berkedip.

4.Melakukan Pijatan Kepala
Pernahkah anda memijat kepala? Apa efek yang terjadi ? ternyata dengan memijat kepala mata yang tadi gelap atau dalam bahasa sehari-harinya bisa menjadi sedikit lebih terang,alasannya pijatan syaraf dikepala tadi membuat syaraf-syaraf mata lebih fokus dan terasa segar kembali.

5.Gunakan Tetas Air Mata
Tetes air mata mempunyai banyak fungsi salah satunya adalah untuk menyegarkan mata,membuang debu kotor yang melekat pada lapisan mata serta lainnya yang bisa kita rasakan ketika menggunakan tetes air mata ke mata.Tetes air mata bisa kita jumpai disekitar kita yang fungsinya untuk meredakan gejala pada mata.

Inilah yang bisa dijelaskan tentang cara sederhana menjaga kesehatan mata.Kiranya informasi ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita yang membacanya disni.Terima kasih.

4 komentar:

  1. kalau ane biasanya menggunakan air es untuk mendinginkan mata. Caranya dengan mengompres dengan handuk yang dicelupkan air es.

    *oh ya kenapa nggak memakai profil blogger atau openid saja dalam berkomentar. Jadi komentarnya ada gambarnya.

    BalasHapus
  2. bener tuch sob.. mengedipkan mata itu salah satu cara untuk melindungi mata.. jadi di sarankan jangan menahan mata untuk berkedip...

    BalasHapus
  3. Bener banget tuh artiklenya, memang mata membuatuhkan kedipan. Dan pastinya istirahat yang cukup.

    BalasHapus