Kamis, 20 Juni 2013

Tips Mengatasi Sembelit

Tips Mengatasi Sembelit

Sembelit adalah penyakit yang sering umum kita dengar dengan nama susah buang air besar.Susah buang air besar sangat mengganggu pencernaan kita karena secara umum orang yang sehat adalah orang yang rajin atau lancar membuan air besar setelah dari beberapa proses apa yang kita makan setiap harinya.Tapi ada juga orang yang tidak bisa lancar membuang air besar karena hal atau beberapa faktor yang mungkin terjadi pada kesehatan kita.

Biasanya orang yang susa membuang air besar atau sembeli ditandai gejalanya seperti merasakan sakit pada anus ketika akan mengeluarkan kotoran tersebut.Sehingga membuat anus merasakan rasa sakit yang diakibatkan dari kotoran yang mungkin keras atau lainnya.Selain ada gejala lain yang bisa terjadi pada gejala sembelit yakni bau mulut,sakit kepala, insomnia,hilangnya nafsu makan dan lainnya.Sehingga hal ini memang harus segera diatasi untuk mengatasi rasa sembelit itu tadi.

Berikut ini ada beberapa tips untuk mengatasi sembelit seperti dibawah ini :

1.Mengatur Pola Makan
Pola makan yang teratur membuat saluran pencernaan sehat dan juga teratur membuang kotoran tersebut.Maka dari itu aturlah pola makan anda supaya saluran dan usus tetap sehat dan jangan menunda-nunda makan yang teratur yang walaupun kita dalam kondisi tidak selera makan atau masih kenyang karena jika tidak maka sembelit bisa menghampiri kita.

2.Mengkonsumsi Buah dan Sayur Serta Air Putih Yang Banyak
Buah dan sayur sangat penting dan diperlukan dalam tubuh,karena kandungan serat dan gijinya sangat sehat dan diperlukan dalam tubuh.Dengan mengkonsumsi buah dan sayur otomatis sangat membuat kelancaran kita dalam membuang air besar.

Dan juga air putih konsumsilah sesering mungkin karena air putih banyak dalam kebutuhan cairan dalam tubuh sehingga membantu tubuh membuang zat-zat beracun dalam tubuh seperti melalui keringat dan juga pada proses membuang air besar.

3.Menghindari Makanan Berlemak atau Berkolestrol
Makanan yang berlemak dan berkolestrol sangat tidak baik dikonsumsi banyak oleh tubuh karena justur akan mendatangkan gejala penyakit yang bisa datang kepada siapapun.Karena kita tahu kandungan lemak dan kolesterol dalam setiap makan justru dapat menimbulkan efek sembelit atau membuat saluran pencernaan akan terganggun pada saat kita akan membuang air besar.

4.Jangan Suka Menunda Buang Air Besar
Ini merupakan hal penting yang harus diperhatikan karena kalau suka menunda membuang air besar tentu dapat menganggu salurang pencernaan dan juga jika sering terjadi maka sembelit bisa terjadi dari kebiasaan menunda buang air besar tersebut.

5.Rajin Olah Raga
Kalau yang satu ini memang harus dilakukan karena olahraga sangat menyehatkan dalam tubuh juga membantu mendorong tubuh untuk mengeluarkan zat-zat racun dalam tubuh seperti dari keringat ,air seni dan juga buang  air besar.

Demikianlah beberapa tips untuk mengatasi sembelit.Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca yang hadir disini.Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar