Senin, 18 Maret 2013

Cara Memilih Modem Yang Tepat


Cara Memilih Modem Yang Tepat

Memilih modem salah satu bagian penting untuk mendapatkan internet yang terjangkau dan berkualitas untuk digunakan mengakses jaringan internet.Umumnya setiap pengguna modem menginginkan sinyal yang kuat yang bisa dijangkau oleh modem tersebut.Berbagai macam jenis dan merk modem saat ini membuat kita semakin berpikir lagi untuk memilih modem yang tepat sesuai dengan kebutuhan akses internet kita setiap harinya.Apalagi kalau dilihat dari promosi iklan kadang menjadi bingung dan sulit dibayangkan.Mengapa demikian?

Karena mungkin sebagian pengguna modem tidak mendapatkan kecepatan akses internet yang sesuai dengan paket modem yang diiklankan.Kadang kecepatan rata-rata dari akses internet yang digunakan tidak sesuai dengan paket promo yang dibuat.Inilah yang menjadi tanda tanya mengapa hal itu bisa terjadi demikian.Oleh karena itu pentingnya kita tahu bagaimana memilih modem yang tepat sesuai dengan kebutuhan akan akses internet kita tentunya.

Berbagai jenis dan merk modem akan semakin berkembang seiring dengan melesatnya kebutuhan internet di Indonesia,apalagi sekarang ini Indonesia menjadi salah satu pengguna akses internet terbanyak saat ini,hal inilah menimbulkan persaingan munculnya jenis dan merk modem yang terbaru.Banyak fasilitas dan kemudahan yang diberikan membuat kita berpikir lebih dalam untuk membelinya karena itu perlunya kita memahami beberapa tips memilih modem yang tepat sesuai dengan kebutuhan kita.Berikut cara memilih modemnya :

1.Pilih Modem Sesuai Tempat Tinggal
Tidak semua modem dapat terjangkau sinyal jaringannya atau providernya,bahkan dipelosok desa masih sedikit jaringan yang bisa ditembus untuk mendapatkan sinyal modem tersebut.Inilah yang menjadi alasan beberapa modem untuk memperbaiki kualitas jaringannya.Tapi ada sebagian juga modem yang bisa menjangkau ke beberapa daerah pelosok itupun ada batasannya tidak sampai kedalam  pelosoknya.

Maka dari itu pilih modem yang sesuai dengan tempat tinggal anda.Tanyakan kepada mereka apakah modem tersebut sudah benar-benar sampai sinyal jaringannya ke tempat anda tersebut dan juga tanyakan berapa kecepatan maksimal yang bisa digunakan pada saat akan digunakan untuk akses internet.

2.Jaringan Modem (GSM atau CDMA)
Jaringan pada modem saat ini yakni GSM dan CDMA ini memiliki akses yang berbeda-beda adakalanya sesuaikan dengan pilihan anda dari antar ketiga jaringan modem tersebut.Modem GSM biasanya menggunakan teknologi GPRS dan HDSPA sedangkan pada CDMA menggunakan teknologi EVDO dan ECDO.Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan maka dari sesuikan dengan kebutuhan anda dan ada salahnya tanyakan apa yang sesuai dengan akses internet anda dan pilihan kartu yang cocok dengan tipe modem tersebut.

3.Paket Layanan
Kalau yang ini memang menjadi perhatian penting karena status layanan menjadi prioritas kita untuk mendapatkan kecepatan layanan data yang akan kita gunakan.Paket layanan menjadi hal penting karena semua modem beda-beda paketnya dan tergantung dari harga modem tersebut.Biasanya paket layanan ada beberapa yang sering kita temukan yakni paket unlimited dan paket berdasarkan quota.Untuk itu perhatikan layanan paket data yang diberikan apakah dengan isi pulsa sekian akan mendapatkan paket unlimite atau paket quota.Maka dari itu perlunya kita mengetahui cara kerja paket layanan yang tersedia yang akan kita gunakan dalam akes internet tersebut.

4.Fasilitas Modem
Setiap modem mempunyai fasilitas masing-masing yakni berupa fasilitas kecepatan untuk transfer dan menerima data ada yang kecepatan transfer maksimal sekian 3.6Mbps hingga maksimal 7.2Mbps.Untuk itu perhatika fasilitas modem yang diberikan apakah sesuai dengan kebutuhan anda atau tidak.

5.Operasi Sytem Untuk Modem
Modem yang digunakan biasanya harus sudah support dengan sistem operasi yang ada dilaptop kita,kadan ada juga modem yang support saam windows xp,vista dan 7 dan belum support sama windows 8.Tapi sekarang ini mungkin beberapa jenis modem sudah support untuk windows 8.Untuk itu perhatikan modem tersebut apakah sesuai untuk pemakaian di sistem operasi  pada laptop anda.

Demikianlah yang bisa dijelaskan cara memilih modem yang tepat dan terjangkau untuk kebutuhan akses internet kita.Telitilah memilih modem yang mau digunakan, sehingga aktifitas searching dan browsing anda semakin nyaman dan santai.Oleh karena itu semoga artikel dapat bermanfaat bagi kita yang membacanya disini.Terima kasih.

28 komentar:

  1. kalau di tempat saya yang CDMA cm flexi yang ada jaringannya sobat. yang lainya GSM. hahahaha apes banget dech..

    BalasHapus
  2. Memilih modem memang perlu memikirkan alokasi tempat tinggal kita, melihat jaringan. Contohnya di perkampungan yg jaringannya di dominasi oleh Telkomsel, so pilih aja Telkomsel Flash kayak saya...xixixiiii :D

    BalasHapus
  3. Wihh ada yg baru nih sob, Iklan GA yang menyebar di Sidebar dan di bawah artikel. keren abiz dehh,,,mudah2an cepat PO nya. Kemarin saya iseng2 daftar di GA tapi di Tolak mentah2,,,xixixi,,,mungkin perlu jasa sobat Abed Saragih!
    :D

    BalasHapus
  4. modem ada harga ada kualitas modem murah cepat panas kalau dipakai lama

    BalasHapus
  5. kalau bisa pilih modem yang gak dilock, jadi bisa pindah operator

    BalasHapus
  6. sangat bermanfaat buat saya yang lagi nyari modem baru..

    terimakasih sudah berbagi sob..

    BalasHapus
  7. Jadi kapan kita ada LTE full speed 100 Mbps gitu... #eh

    BalasHapus
  8. saya menggunakan modem Mifi punya ZTE yang bs gsm atau cdma mas..
    jadi lumayan enak.. mau pake gsm / cdma aman :D

    BalasHapus
  9. Paket Layanan ane masih yang paling murah hehe:D

    BalasHapus
  10. saya menggunakan modem murahan bundling dengan paket smart ( dengan tarif paket murah juga ) dengan jaringan evdo lumayan cepat juga.

    lama tidak berkunjung kesini, udah bnyak artikel yang saya lewatkan.:)

    BalasHapus
  11. ini barusan dibaca anak saya Mas. biar dia punya wawasan soal modem.

    BalasHapus
  12. kalau modem yg enggak sesuai sama daerah tempat tinggal tuh yg susah.. apalagi kalo salah pilih yang udah di lock operator dan cepet panas pula

    BalasHapus
  13. modem yg paketan tiap bulannya paling murah berapa ribu n merk provider apa sob

    BalasHapus
  14. tapi bukannya semua modem itu bisa dipakai disemua tempat ya? *tanya bego @_@* bingung soalnya.

    BalasHapus
  15. beberapa bulan yang lalu saya sempat mikir lams untuk beli modem usb..
    baca2 dulu review kelebihan dan kekurangan berikut harga..
    baru coba2 cek kartu yang cocok dan stabil koneksinya :D

    BalasHapus
  16. ada rencana ganti modem nich sob, pkai Sm*** kadang sinyalnya ngilang sob, lumayan nich bisa di jadikan referensi

    BalasHapus
  17. menurut saya yang paling penting point nomer 1 gan, ya karena itu seperti di sebutkan di atas tidak semua wilayah dapat terjangkau sinyal jaringan dari provider nya !!!

    #salam terhangat dari Mr.DHI

    BalasHapus
  18. Saya cuma numpang wifi tetangga. Hehehe

    BalasHapus
  19. Poin nomer 5 ini penting banget gan, cz sering kali temen2 ane beli modem tanpa memperhatikan hal tsb, sehingga pas mau dipasang di komputer gan cocok deh ama OS nya... :/

    BalasHapus
  20. Saat ini saya masih mikir kalo mo beli modem, takut ga kepake, soalnya pake wifi, tapi kadang perlu juga saat wifi ga bisa..makasih sobb infonya..

    BalasHapus
  21. Kebanyakan orang banyak yang kejebak soal beli modem, apalagi pembelinya pria yang ditawari spg operator (cantik lagi). Langsung dah buka dompet, padahal signal gsm dikampungnya cuma 2 bar :(

    BalasHapus
  22. ane pake smartfreen mas.. Diwilayah ane stabil juga, tapi setelah masa paket hampir habis., leletnya minta ampun haha..

    BalasHapus
  23. susahnya modem itu sarana buatku ngenet pas jalan jalan
    makanya paling sering nemu kendala di sinyal
    kalo di rumah atau kantor sih pake dedicated...

    BalasHapus
  24. dengar-dengar sekarang yang kuopta sudah tidak ada lagi ya sob hanya unlimited, apa betul ini

    BalasHapus
  25. Yg bagus modem merek apa gan? Yg bisa gsm ma cdma bagus gak?...

    BalasHapus
  26. mw nnya ni bg, kalo di kmpung/dsa , ktanya kcepatan maksmal 7 mbps di 3G, kalo d kmpung saya blum sport 3G,lntas scpat 3Gkah ? Soalnya sya blum mngtahui seluk beluk mdem

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba dulu Mas untuk mengetahui hasilnya. :)

      Hapus